Jumat, 06 Januari 2017

40 Desa di Aceh Barat Dikepung Banjir


Koran Sejagad - Hujan deras yang mengguyur Aceh sejak tiga hari terakhir menyebabkan 40 desa di tujuh kecamatan, kabupaten Aceh Barat terendam banjir.

“Data sementara ada tujuh kecamatan di Aceh Barat yang tergenang banjir,” ujar Teuku Syahluna Polem, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat, Jumat, 6 Januari 2017.

Tujuh kecamatan yang terendam banjir adalah Kecamatan Johan Pahlawan, Meureubo, Sungai Mas, Woyla Timur, Woyla Timur, Woyla Barat, Woyla, dan Arongan Lambalek.

“Sampai saat ini total warga yang kami terima yang terkena banjir sebanyak 6.991 jiwa,” kata Syahluna.

Menurut Syahluna, kondisi air menggenangi permukiman penduduk dengan ketinggian 40–90 sentimeter. BPBD Aceh Barat masih mendata dan memantau kawasan yang dilanda banjir. Selain itu, mendistribusikan bantuan yang diperlukan.

Selain di Aceh Barat, banjir melanda kawasan Kabupaten Aceh Jaya, Kabupaten Aceh Singkil, Aceh Utara dan Kabupaten Aceh Timur.

Di Aceh Jaya, banjir menggenangi 30 desa dalam 3 kecamatan, yaitu Kecamatan Pasie Raja, Kecamatan Teunom, dan Kecamatan Krueng Sabe. Warga yang terkena dampak berjumlah 10.813 jiwa.

“Ketinggian air mencapai air sekitar 50 sentimeter sampai 1 meter,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBK Aceh Jaya Fajar Diharta.(viva)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar