Sabtu, 14 Januari 2017

Mobil 'Monster' Bakal Bikin F1 2017 Lebih Brutal


Koran Sejagad - Pembalap Formula One (F1) bakal melewati balapan brutal pada musim 2017, setelah dilakukan beberapa perubahan regulasi yang bakal berlangsung liar.

Perubahan signifikan memang akan dilakukan jelang berakhirnya era mesin V6 hybrid. Perubahan ini dinilai bakal membuat mobil F1 menjadi bak monster.

Power unit hybrid-turbo akan membuat mobil lebih bertenaga karena ditambah beberapa perubahan di bagian eksterior. Ban lebih gemuk, sayap depan dan belakang lebih lebar, untuk menambah downforce dan level cengkraman.

"Ini jelas akan sangat berbeda, mobil akan lebih brutal," ujar mantan pembalap F1 yang kini menjadi pengamat, Martin Brundle. "Dengan jumlah tenaga dan torsi dari mobil saat ini, sudah luar biasa, meski suara mereka sangat buruk.

Coba mobil itu diberikan downforce lebih banyak dan ban 25 persen lebih besar, mobil akan 11 persen lebih lebar, seperti mengendarai monster. Apakah hal itu buat balapan lebih seru atau tidak? Kita nantikan saja."

Dalam beberapa tahun belakangan, balapan F1 menjadi sangat membosankan setelah Mercedes berhasil mendominasi. Meski tidak yakin perubahan musim depan bakal menggoyahkan dominasi pabrikan Jerman tersebut, Brundle menilai balapan musim depan pasti lebih sulit buat pembalap.

"Jarak rem akan menjadi lebih pendek, cengkraman lebih besar. Artinya, kita mungkin baru bisa ngerem empat atau lima meter berikutnya. Artinya, peluang Anda untuk overtake lebih kecil," tuturnya tentang kesulitan membalap gunakan mobil bak monster.

Balapan F1 sendiri akan bergulir mulai pada 26 Maret 2017 mendatang di GP Australia. Musim ini, F1 tanpa pembalap berstatus juara bertahan setelah Nico Rosberg memutuskan pensiun usai menjadi juara musim kemarin.(Fox Sports)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar