Minggu, 08 Januari 2017

90 Ribu Warga DKI Belum Lakukan Perekaman e-KTP


Koran Sejagad - Perekaman E-KTP masih menjadi pekerjaan rumah yang hingga kini belum kelar dilakukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) DKI. Di awal tahun 2017 tercatat ada 90 ribu warga DKI yang hingga kini belum melakukan perekaman kartu identitas tersebut.

“Jadi ini ada warga yang pindah ke wilayah lain tapi tidak melapor. Makanya di kita ada datanya tapi orangnya belum merekam,” ujar Edison Sianturi, Kepala Dinas Dukcapil DKI Jakarta

Saat ini, lanjut Edison, pihaknya tengah konsolidasi data dengan Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Sehingga diketahui apakah warga yang sudah pindah tersebut telah melakukan perekaman di wilayah lain selain DKI Jakarta.”Kalau mereka sudah rekam tentunya kita tahu sisa warga yang belum merekam. Apalagi saat ini kita targetkan harus capai 100 persen,” katanya.

Saat ini menurutnya, dari data 7,2 juta warga DKI hanya tersisa 1,2 persen saja yang belum melakukan perekaman atau sekitar 90 ribu jiwa. Jumlah ini sudah melampaui target awal sebanyak 6,7 juta jiwa di tahun 2013.

Sedangkan untuk mempercepat proses perekaman, Pemprov DKI Jakarta akan kembali membuka loket kependudukan di seluruh kantor kelurahan yang ada di Jakarta setiap hari Sabtu.

Layanan setiap Sabtu di seluruh loket akan dibuka pada pukul 08.30-15.00. Masyarakat yang belum merekam e-KTP diharapkan datang ke kantor kelurahan terdekat.

Selain layanan akhir pekan, layanan jemput bola langsung ke rumah penduduk yang belum merekam juga kian digencarkan. “Jadi yang belum merekam karena sakit dan lansia kita datang untuk perekaman, namun yang sehat kita harap bisa merekam ke kelurahan terdekat,” pungkasnya.(poskota)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar