Kamis, 26 Januari 2017

Ribuan Rumah Terendam Banjir di Sulawesi Utara


Koran Sejagad - Banjir dan tanah longsor terjadi di hampir semua wilayah Sulawesi Utara sepanjang hari ini, Kamis 26 Januari 2017. Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sulut menyebutkan, di kota Manado terdapat sekitar 700 rumah, yang berada di lima kecamatan, terdampak banjir dan longsor.

Banjir juga menghantam kota Bitung hingga merendam 100 rumah, Kabupaten Minut 70 rumah. Di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara tercatat 200 rumah terendam akibat sungai yang meluap di Desa Jambusarang dan Desa Sonuo Kecamatan Bolangitang Barat, dan 40 hektare sawah ikut terendam.

"Tiga kabupaten perbatasan, yakni Sitaro, Sangihe dan Talaud juga terjadi banjir, dan longsor mengakibatkan puluhan rumah terkena dampak.

Kami masih menunggu data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah kabupaten/kota masing-masing. Kalau data sementara bisa mencapai ribuan rumah," kata Kepala BPBD Sulut, Noldy Liow dihubungi via telpon di Manado, Kamis 26 Januari 2017.

Ia menyebutkan, pihaknya masih terus berkoordinasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisikan Sulut tentang cuaca yang terjadi hari ini hingga Jumat besok. "Data BMKG Sulut malam ini intensitas curah hujan mulai berkurang, tidak seperti pagi dan siang yang cukup deras," ujar Noldy.

BPBD Sulut mengimbau masyarakat agar tetap waspada, apalagi yang tinggal di bantaran sungai dan daerah rawan longsor. "Hanya saja sampai saat ini belum ada korban jiwa. Kami juga belum bisa menaksir kerugian akibat peristiwa banjir dan longsor tersebut."(viva)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar