Senin, 21 November 2016

Heboh di Moskow, Burger Tikus Mendadak Populer


Koran Sejagad - Tikus kerap dipandang sebagai hewan yang menjijikan dan tidak cocok untuk jadi menu makanan manusia. Namun, beberapa restoran di Moskow, Rusia memutuskan untuk menjadikan hewan pengerat ini sebagai  menu yang disajikan untuk para konsumen.

Salah satu restoran yang menyajikan menu hewan ini adalah Krasnodar Bistro. Kepala koki serta pemilik dari restoran tersebut, chef Takhir Kholikberdiev menyatakan ia mendapatkan sambutan hangat atas menu burger nutria-nya. Namun, tikus yang ia gunakan bukanlah tikus sembarangan tapi tikut besar bernama Nutria.

Nutria atau tikus sungai memiliki bentuk tubuh serupa dengan tikus dan berang-berang. Hewan pemakan tumbuhan ini biasanya ditemukan di daerah dekat sungai dan kerap diburu untuk kulitnya. Kholikberdiev menggunakan hewan pengerat itu tampaknya untuk menghilangkan stigma bahwa nutria serupa dengan tikus-tikus yang biasa ditemukan di kota.

Chef itu mengatakan, nutria merupakan hewan yang bersih dan dagingnya memiliki kandungan omega-3 yang tinggi. Usut punya usut harga burger nutria ternyata cukup mahal. Pasalnya di Krasnodar Bistro, burger tersebut dibanderol dengan harga 550 ruble atau sekira Rp115.636. Jurnalis dari The Guardian menuturkan, daging dari tikus air itu memiliki rasa yang serupa dengan campuran daging kalkun dan babi.(The Straits Times)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar