Sabtu, 19 November 2016

Ribuan Murid SD di Jakarta Pusat Akan Diperiksa Cacingan Apa Tidak


Koran Sejagad - Pemeriksaan kecacingan terhadap sejumlah siswa Sekolah Dasar (SD) akan dilakukan Pemkot Jakarta Pusat, Jumat (18/11). Kegiatan ini dimulai pada 24 November – 9 Desember 2016 di 75 sekolah tersebar di wilayah Jakarta Pusat.

“Kegiatan pemeriksaan kesehatan kecacingan pada murid SD ini dapat menumbuhkan budaya hidup sehat sejak dini, dan kita pun berharap hasil pemeriksaan nanti siswa bebas dari kecacingan,” ucap Walikota Jakarta Pusat, Mangara Pardede, di kantornya di Jalan Tanah Abang I, Gambir.

Kepala Sudin Kesehatan Jakarta Pusat, Yudhita Endah mengatakan pemeriksaan kecacingan tersebut merupakan program dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Langkah pemeriksaan ini, sambungnya, dilakukan untuk mengetahui apakah murid SD tersebut terkena sakit cacing atau tidak.

“Jika dalam pemeriksaan kesehatan nanti didapat murid cacingan, akan diberikan pengobatan. Pemberian obat pun dilihat dari besaran berapa persen yang terkena. Bila kurang dari 50 persen maka obat yang diberikan cukup satu tahun sekali, tetapi bila di atas 50 persen pemberian obat dua kali dalam satu tahun,” jelasnya.

Menurut Yudhita, yang juga mantan Kasudin Kesehatan Jakarta Timur, keuntungan dalam pemberian obat cacing pada murid SD tersebut bisa menurunkan angka tidak masuk sekolah hingga 25 persen serta menurunkan angka kurang gizi, anemia dan akan meningkatkan pertumbuhan dalam tubuh.(poskota)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar