Jumat, 30 Desember 2016

Uang Poundsterling Super Langka ini Dihargai Rp835 Juta


Koran Sejagad -  Saat ini Inggris sedang dilanda “demam” mencari uang 5 poundsterling super langka yang hanya dicetak empat saja. Selain karena super langka, uang kertas ini juga memiliki nilai yang fantastis jika ditukar.

Pada awal Desember 2016, empat uang kertas 5 poundsterling super langka dirilis ke publik Inggris. Pada uang kertas itu terdapat gambar kecil dari novelis legendaris asal Inggris, Jane Austen.

Dilaporkan, satu dari empat uang kertas itu ditemukan di sebuah kafe yang berlokasi di Wales bagian selatan beberapa hari yang lalu. Uang kertas kedua ditemukan pada Kamis 29 Desember 2016 di sebuah kartu ucapan Natal yang diberikan kepada seseorang di Skotlandia.

Sehingga masih ada dua lagi yang masih belum ditemukan oleh publik Inggris. Bagi siapa saja yang menemukan satu dari empat uang super langka itu disarankan untuk menghubungi Galeri Tony Huggins-Haig yang disebut akan membantu menukar atau melelang uang langka itu.

Uang itu merupakan hasil karya dari Graham Short yang terkenal sebagai pemahat benda-benda mikro asal Birmingham. Short menjelaskan, ia mendapatkan ide untuk mengukir potret dari Austen berukuran 5 milimeter pada bagian transparan uang 5 poundsterling yang baru untuk menandai peringatan wafatnya sang noveli itu yang ke-200 pada tahun depan.

Pihak Galeri Tony Huggins-Haig mengklaim, uang super langka itu dapat dibanderol dengan harga yang tinggi di pelelangan. Tidak kira-kira, uang itu diduga bernilai 50 ribu poundsterling atau sekira Rp835 juta.(The Guardian)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar